Minggu, 07 Juli 2013

PPDB ONLINE BANDAR LAMPUNG 2013


BANDARLAMPUNG - Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung terus memantapkan kesiapannya untuk menerapkan sistem online pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini. Kemarin, Disdik menggelar workshop dengan mendatangkan tim operator dari Pustekkom Kemendikbud Jakarta. Workshop mengenai penyelenggaraan PPDB online itu bertempat di SMPN 16 Bandarlampung dan dihadiri perwakilan sekolah di jenjang SMP dan SMA se- Bandarlampung.
Kadisdik Bandarlampung Sukarma Wijaya mengatakan, penerapan sistem ini pada proses PPDB bertujuan merubah paradigma atau pola pikir masyarakat mengenai persepsi negatif di lingkungan pendidikan.


PPDB online bersifat kompetitif yang didasarkan dengan nilai 40% ujian sekolah (US) dan 60% ujian nasional (UN). ’’Jadi, siswa yang akan diterima di sekolah pilihannya, perolehan nilainya disesuaikan dengan standar bobot minimal yang ditetapkan sekolah tersebut,” urainya.
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Riyuze Praja Tuala mengatakan, setelah workshop, pihak sekolah menyosialisasikan sistem tersebut kepada masyarakat. Sehingga, saat pelaksanaannya nanti dapat berjalan kondusif.
PPDB online Bandarlampung lanjut Riyuze, baik jenjang SMP dan SMA akan dilaksanakan serentak yakni (24–28/6) di setiap sekolah penyedia jasa pendaftaran online.
’’Pendaftaran hanya dapat diakses di sekolah yang terhubung server dan nanti di setiap sekolah tersebut akan ada tim operator yang membantu siswa dalam proses pendaftaran,” tambahnya.
Terpisah, Ketua Komisi D DPRD Bandarlampung Nandang Hendrawan membuka posko pengaduan. Posko itu untuk menerima pengaduan dari masyarakat terkait PPDB Online.
’’Karena sistem ini pertama kali dilakukan di Bandarlampung jadi akan kita pantau terkait kekurangan dan permasalahan yang terjadi, sehingga ke depannya dapat kita evaluasi sistem tersebut,” ucapnya.
Selain itu, sambung dia, pihaknya akan melakukan pengawasan di lapangan untuk melihat keefektifan sistem PPDB online di sekolah-sekolah. ’’Kami juga jemput bola ke sekolah-sekolah untuk melihat keefektifannya,” janjinya. (red/vie/p3/c3/adi)


PPDB online SMPN 3 Bandar Lampung sukses......mudah-mudahan ini adalah awal yang sangat positif dan kemajuan yang patut di syukuri......

download statistik
download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar